pages

Tuesday, October 02, 2007

Pilih mana… Pendidikan atau Pelatihan?

Tidak jarang diketemukan perusahaan mengutus beberapa karyawannya dari berbagai divisi mendapat kesempatan tugas belajar (melanjutkan studi), mengikuti seminar, pelatihan, ataupun workshop dengan harapan mereka dapat mengembangkan kompetensinya, meningkatkan kinerja ataupun sekedar menambah pengetahuan terbaru tentang perkembangan bisnis yang digeluti. Akan tetapi hasil yang ada terkadang tidak sesuai dengan harapan. Mungkinkah hal itu terjadi akibat kesalahan karyawannya yang tidak bersungguh-sungguh mengikuti pendidikan/pelatihan itu? Atau kesalahan perusahaan dalam memilih pembelajaran yang sesuai bagi mereka? Sebenarnya apa itu pendidikan dan pelatihan? Mengapa kedua hal itu disebut sebagai sesuatu yang serupa tapi tidak sama?Berikut ini beberapa definisi dan kajian tentang kedua hal tersebu.

Dalam buku “Menyemai Teknologi Pendidikan”, buah karya Prof Yusufhadi Miarso, MSc, disebutkan bahwa tenaga kerja yang dibutuhkan dalam era perubahan ini adalah mereka yang terdidik dengan baik, terlatih, dan mengusai informasi (well educated, well trained, well informed).
Lebih lanjut disebutkan bahwa pendidikan adalah pembentukan sikap, penguasaan keterampilan, dan perolehan pengetahuan sebelum memasuki dunia kerja. Sedangkan pelatihan adalah peningkatan kemampuan secara khusus dalam suatu lingkungan kerja.
Sedangkan Jay Cross dalam tulisannya Training vs. Education:A Distinction That Makes A Difference yang dipublikasikan pada Bank securities Journal, menyebutkan bahwa Pelatihan bukanlah pendidikan. Pendidikan diukur dari waktu (tenure) seperti halnya mengikuti seminar atau kuliah 4 tahun di kampus. Pelatihan (training) diukur dari ‘apa yang dapat kamu lakukan setelah kamu menyelesaikan masa pelatihan itu’. Training adalah melakukan. Training meningkatkan performance. Tujuan yang baik dalam sebuah training adalah memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu (doing something), bukan memiliki kemampuan untuk mengetahui sesuatu (knowing something). Dalam training bukan satu kesempatan hasilnya bisa langsung dirasakn, sebab training merupakan proses. Kebiasaan positif harus selalu diulang kembali jika meinginkan materi pelatihan itu terus melekat dalam diri individu.



Lain halnya definisi training menurut wikipedia.
Training merupakan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, kompetensi, sebagai hasil dari pengajaran vocational dan latihan keahlian dan pengetahuan yang berhubungan dengan penggunaan keahlian yang spesifik. Dahulu, bentuknya dapat berupa magang seperti ayng dilakukan pada kampus teknik dan politeknik. Namun sekarang sering diartikan sebagai pengembangan profesional.

Perbedaan training dan pendidikan dari sumber lainnya adalah
Training diartikan sebagai aktivitas bersama antara ahli (expert) dan pembelajar (learnenr) bekerja sama dalam rangkan metransfer information secara efektif dari ahli kepada pembelajar (learner) untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keahlian pembelajar sehingga si pembelajar dapat menampilkan pengerjaan tugas dan pekerjaan lebih baik lagi untuk selanjutnya.
Dalam aplikasinya, kini training sering dikaitkan dengan development. Secara umum pengertian keduanya ini adalah sebuah bidang studi yang peduli dengan pembelajaran di dunia kerja untuk meningkatkan prestasi kinerja.


Pendidikan
Lebih umum dibandingkan dengan pelatihan/ training karyawan. Beberapa professional melihat pendidikan sebagai sesuatu yang harus diselesaikan dalam konteks personal dan mengerti akan dunia, sehingga sebuah kehidupan dan pekerjaan secara substansi akan meningkat (lebih baik lagi). Contoh ungkapan seorang boss untuk karyawannya: “Go get an education."
Akan tetapi juga ditemukan perspektif yang berbeda tetnang makna pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai proses pemebelajaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas/pekerjaan yang baru.

Perbedaan Pendidikan, pembelajaran, pelatihan, dan pengembangan secara umum
Secara garis besar, berikut ini merupakan perbedaan diantara keempat bidang (education, learning, training, and development)

(A) Pendidikan Pembelajaran
(B) Pelatihan Pengembangan

Pendidikan (Education)
o Mengembangkan kemampuan intelektual, konseptual, dan pemahaman social.
o Mengembangkan kinerja karyawan melalui proses belajar.

· Pembelajaran (Learning)
o Fokus pada perubahan di sebuah tempat secara individual
o Proses untuk meraih pengetahuan, keahlian (skill), dan sikap yang diinginkan.

· Pelatihan (Training)
o Konsep yang dibuat sejalan dengan perencanaan aktivitas instruksional yang ingin
dicapai perusahaan dalam waktu dekat ini.
o Biasa digunakan untuk proses departemental dan aktivitas pengembangan.

· Pengembangan (Development)
o Perbedaan pandangan dalam berinteraksi dengan factor internal dan eksternal.
Bagian dari Manajemen sumber daya manusia. Itu juga menggambarkan strategi
organisasi untuk mengatur proses.
o Hasil akhir mungkin bertahan lama tetapi selalu menurun setiap saat.

Perbedaan lainnya antara training dengan pembelajaran dan pengembangan dapat digambarkan bahwa pembelajaran dan pengengemabngan sebagai intervensi dan aktivitas yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan (skill) dalam organisasi yang berfokus pada di pembelajar.

Sedangkan persamaannya adalah bahwa kesemuanya merupakan proses dalam usaha untuk meningkatkan pekerja, kebiasaan, dan kinerja. ·


Bentuk training
Training biasanya dikategorikan menjadi on-the-job dan off-the-job. Training On the job biasanya efektif untuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian. Bentuknya seperti penggunaan tools yang baisanya digunakan, peralatan, dokumen dan materi yang akan digunakan ketika dilateih seecara penuh yang dekat dengan kehidupan normal pekerjaan. Sedangkan Training off-the-job dilakuakn jauh dari situasai lingkunagn pekerjaan sehingga lebih konsentrasi terhadap traiing yang diberikan. Pada training off the jobs ini, akan lebih efektiff untuk pelatihan dalam bidang konsep dan ide. Dalam penerapannya, berbagai metode training diberikan untuk mengembangkan kecerdasan artificial berkembang baik.

Kesimpulan
Dari semua penjabaran diatas dapat disimpulan bahwa perbedaan utama dari Training dan Pendidikan terletak pada beberpa hal, yaitu: waktu (training dalam jangka waktu singkat, sedangkan pendidikan lebih lama), bidang kajian (training spesifik, pendidikan lebih luas), dan tujuan (training untuk meningkatkan kinerja/ skill tertentu yang langsung diterapkan dalam pekerjaan, sedangkan pendidikan lebih umum dan menyeluruh). Training lebih menekankan learning by doing dan penguasaan secara parsial, sedangkan pendidikan lebih berupa penanaman konsep, penambahan pengetahuan secara keseluruhan.
Oleh sebab itu saya sangat sependapat dengan tulisan Prof Yusuf dalam buku Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, dikatakan bahwa dalam lingkungan kerja, penggabungan ketiga hal tersebut (pendidikan, pelatihan, dan informasi) merupakan usaha pemberdayaan yang berlangsung secara terus menerus. Tentu saja yang harus diperhatikan dalam meutuskan cara mana yang efektif dalam mengutus karyawan untuk mengikuti pelatihan, pendidikan, ataupun seminar adalah melihat urgensi dari kebutuhan itu disesuaikan dengan anggaran dan sumber daya yang akan mengikuti kegiatan itu. Jangan sampai justru sang penerima kesempatan itu tidak memberikan performance yang lebih baik dari sebelumnya dan apa yang diharpakan perusahaan berbeda dengan hasil. Kalau sudah begitu hanya buang-buang energi atau biaya saja.


Nb:Training berbeda dengan exercise
Perbedaan Training dan exercise adalah exercise biasanya digunakan untuk aktivitas yang menyeangakn. Sedangkan Training lebih kuhusu dan dilakukan untuk meningkatkan suatu kapabilitas, kapasiats, dan kinerja (performance)

Daftar pusataka

http://www.wikipedia.org
Bank securities Journal Training vs. Education:A Distinction That Makes A Difference by Jay Cross
Miarso, Yusufhadi.Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.
Beberapa website yang berkaitan dengan teknologi kinerja, training, dan pendidikan.

Tulisan ini dibuat sebagai tugas kuliah mata kuliah Desain Pelatihan, program studi teknologi pendidikan, Universitas Negeri Jakarta semester ganjil 2007.

______________________________________

Add me on your multiply:
http://maydina.multiply.com



3 comments:

  1. Anonymous7:46 PM

    tulisannya saya kutip yah ? boleh yah ? makasih :)

    ReplyDelete
  2. Maaf, tulisannya saya kutip. Tolong beritahu saya bagaimana cara mentransfer power point dari komputer ke blog.

    ReplyDelete
  3. @warmorning: silahkan selama dicantumkan sumbernya

    @azni: silahkan selama dicantumkan sumbernya..

    ReplyDelete

silahkan tinggalkan komentar